medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Solusi Lain untuk Penderita Diabetes : Operasi Batriatrik


Solusi Lain untuk Penderita Diabetes : Operasi Batriatrik. Diabetes dan kegemukan nyatanya saling terkait. Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa semakin berat badan seseorang, semakin besar risiko terkena diabetes.


Dalam kaitannya antara kelebihan berat badan dan diabetes, sejumlah dokter di Swedia melaporkan bahwa operasi pengurangan berat tubuh ternyata bisa mengurangi resiko diabetes.

Dari hasil penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, tim meneliti 1.658 pasien yang pernah menjalani operasi batriatrik, sejenis operasi pengencangan perut, dan membandingkannya dengan 1.771 penderita obesitas yang hanya menggunakan metode lain untuk mengobati penyakit mereka.

Pada awal penelitian, tidak satu pun dari lebih dari 3.000 pasien tersebut yang menderita diabetes. Tetapi setelah hampir 10 tahun, penelitian yang dipimpin oleh Dokter Lars Sjostrom dari Sahlgrenska University Hospital di Gothenburg, Swedia, dari mereka yang masih terlibat dalam studi itu hanya 110 orang yang pernah menjalani operasi yang menderita diabetes, sementara 392 dari pasien yang tidak menjalani operasi akhirnya menderita diabetes.

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa operasi terhadap obesitas bisa mengurang resiko diabetes hingga 78 persen. Sementara berbeda dalam riset yang dilakukan oleh Mitchell Roslin, pakar operasi bariatrik pada Lenox Hill Hospital di New York, AS tidak sepakat dengan Jacobs. Menurutnya jika hanya itu pilihan yang tersedia maka para petugas medis harus menerima resiko dan biayanya yang memang sangat mahal.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Solusi Lain untuk Penderita Diabetes : Operasi Batriatrik"

Download Ebook Gratis