medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Perempuan Lebih Kebal Sama 5 Penyakit Ini


Menjadi wanita nampaknya memang merepotkan. Ada siklus menstruasi bulanan, belum lagi kalau PMS, apalagi wanita bisa hamil lalu melahirkan. Di balik segala susah payahnya itu, wanita mendapat anugerah yang tidak dimiliki pria. Mereka lebih tahan terhadap beberapa jenis penyakit.


Beberapa penyakit tersebut bisa menyerang pria maupun wanita. Namun penelitian menunjukkan bahwa risikonya pada wanita lebih kecil dibanding pada pria. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dengan hormon hingga kebiasaan atau gaya hidup.

Seperti dilansir Myhealthnewsdaily.com, berikut adalah 5 penyakit yang kurang mempan menyerang wanita:

1. Penyakit Parkinson
Berdasarkan analisis dari 7 penelitian, ilmuwan di University of Virginia School of Medicine melaporkan bahwa pria 1,5 kali lebih mungkin terserang penyakit Parkinson dibandingkan wanita. Salah satu penyebabnya diduga karena estrogen yang dihasilkan wanita melindungi dari gangguan neurodegeneratif.

Namun pada wanita yang terserang Parkinson, gejalanya justru lebih terasa. Misalnya, pasien wanita mengalami kelelahan yang lebih kronis dibandingkan pasien pria.

2. Kanker Hati
Dibandingkan pria, wanita lebih kecil kemungkinannya mengalami karsinoma hepatoseluler, yaitu jenis kanker hati yang paling umum. Tingkat kejadian pada pria adalah sekitar 3 kali lebih tinggi dibanding wanita.

Wanita yang mengidap kanker hati parah dapat hidup berbulan-bulan lebih lama dibandingkan pria dengan penyakit sama. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal International Hepatology, wanita yang tumornya tak dapat diangkat dalam pembedahan dapat bertahan hidup 5 bulan lebih lama dibanding pria.

3. Kanker Kulit
Di antara 68.000 orang penderita melanoma atau kanker kulit di Amerika Serikat pada tahun 2010, hampir sebanyak 39.000 orang atau 57 persen adalah pria. Salah satu penyebabnya adalah pria tidak serajin wanita dalam melakukan langkah pencegahan untuk melindungi kulit.

Dalam sebuah survei terhadap 31.428 orang warga Amerika oleh para peneliti di Klinik Centracare di Minnesota, sebanyak 11,2 persen wanita mengaku lebih suka beraktifitas di tempat teduh, sedangkan pria hanya 6,2 persen.

4. Barrett Esophagus
Wanita lebih kecil kemungkinannya terkena barrett esophagus dibandingkan pria. Penyakit ini ditandai dengan rusaknya lapisan esofagus karena asam lambung. Penyakit ini 2 kali lipat lebih banyak menyerang pria, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Gastroenterology.

Agaknya hormon seks wanita dapat melindungi dari terjadinya barrett esophagus. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami perbedaan ini.

5. Kanker Kepala dan Leher
Wanita memiliki kemungkinan sepertiga lebih kecil terserang kanker kepala dan leher dibanding pria. Temuan para peneliti di National Cancer Institute juga menegaskan bahwa pria perokok lebih sering terkena kanker kepala dan leher dibanding wanita perokok.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cancer, para peneliti menjelaskan bahwa kadar estrogen dan progesteron yang lebih tinggi pada wanita dapat menurunkan risiko kanker kepala dan leher serta kanker saluran pencernaan bagian atas, termasuk kanker perut dan kerongkongan.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Perempuan Lebih Kebal Sama 5 Penyakit Ini"

Download Ebook Gratis