medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Inilah 4 Masalah Aneh pada Lidah


Medis - Lidah merupakan salah satu bagian penting di mulut kita. Tanpa lidah, seseorang tak mampu bicara hingga makan. Lidah pun bagian yang tak lepas dari masalah, seperti lidah berwarna putih dan sariawan di lidah. Di samping itu, ternyata ada beberapa masalah aneh lainnya yang bisa muncul pada lidah Anda. Berikut empat masalah aneh pada lidah.


Lidah geografis
Lidah geografis merupakan bagian permukaan lidah yang terlihat seperti gambar peta. Permukaan lidah biasanya dilapisi oleh papila, yaitu bintik-bintik kasar pada permukaan lidah. Namun, pada lidah geografis tidak.

Bentuknya bahkan bisa berubah-ubah. Kondisi ini mungkin membuat lidah Anda terlihat aneh. Namun, lidah geografis merupakan masalah yang tidak terlalu bahaya dan tidak terkait adanya jenis kanker maupun infeksi.

Penyebab lidah geografis hingga saat ini belum diketahui pasti. Hanya sekitar 1-3 persen orang yang ditemui mengalami masalah ini. Lidah geografis sebagian besar akan menghilang dengan sendirinya. Namun, sebaiknya periksa ke dokter, apalagi jika terjadi peradangan.

Lidah hitam berbulu
Ini munkin kondisi paling aneh yang ditemui pada lidah manusia, yaitu berwarna hitam dan berbulu. Kondisi ini disebabkan banyaknya pertumbuhan bakteri dan jamur di mulut sehingga terjadi penumpukkan pada papila.

Lidah berwarna hitam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu kebiasaan merokok, terlalu banyak minum kopi, dehidrasi, serin menggunakan antibiotik, dan kebersihan mulut yang buruk. Untungnya, kondisi ini tidak terlalu membahayakan kesehatan.

Lidah hitam berbulu bisa diatasi dengan menyikat ggi yang benar dan membersihkan lidah serta banuak monum air putih.

Lidah pecah-pecah
Lidah pecah-pecah lebih sering ditemukan pada laki-laki dan 80 persen terjadi pada anak down syndrome. Lidah pecah-pecah berbeda dengan sariawan. Pada konsidi ini permukaan atas lidah seperti retak.

Penyebabnya hingga saat ini belum diketahui. Kondisi ini juga tidak terkait tanda penyakit tertentu di tubuh. Tidak ada perawatan khusus pula untuk mengatasi lidah pecah-pecah.

Leukoplakia
Leukoplakia juga salah satu masalah pada lidah yang ditandai dengan munculnya bercak putih tebal. Bercak putih tak hanya muncul pada bagian lidah, tetapi juga bagian dalam pipi dan gusi.

Belum diketahui pasti penyebab leukoplakia, tetapi diduga karena kebiasaan merokok. Meski tidak berbahaya, adanya leukoplakia sering kali dihubungkan dengan gejala awal munculnya kanker.

Sebab, dalam beberapa kasus, ditemukan pertumbuhan kanker di lokasi adanya leukoplakia. Jika muncul leukoplakia, sebaiknya langsung periksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Inilah 4 Masalah Aneh pada Lidah"

Download Ebook Gratis