medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Cara Mencegah Meningitis


Terdapat dua macam penyakit meningitis, yang pertama disebabkan oleh virus dan yang kedua oleh bakteri. Meningitis yang disebabkan oleh virus ternyata tidak terlalu berbahaya, Ladies, jika dibandingkan dengan meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Jika Anda berada di tempat umum, ada baiknya lebih berhati-hati karena di sanalah bakteri mudah menyebar.


Namun Anda tidak perlu takut atau parno terhadap penyakit ini, karena terdapat beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa mencegahnya. Berikut adalah ulasan selengkapnya yang dilansir dari everydayhealth.com.

Vaksinasi
Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mencegah penyakit meningitis adalah dengan melakukan vaksinasi.para ahli medis menyarankan Anda untuk mendapat vaksinasi tersebut ketika berusia 11-12 tahun. Namun jika Anda telah melewatinya, Anda sebaiknya melakukannya pada usia 16-21 tahun, karena pada usia-usai ini adalah usia rawan.

Selain itu, jika Anda akan menjalani hidup dengan banyak orang, misalnya di tempat kos atau asrama, sebaiknya Anda melakukan vaksinasi ini. Jika Anda akan menjalani pendidikan militer atau akan berlibur ke daerah lain, Anda juga sangat disarankan untuk melakukannya.

Jangan menggunakan barang yang sama dengan orang lain
Meningitis, terutama yang disebabkan oleh bakteri bisa menular melalui nafas, air liur serta ingus dari orang yang menderita penyakit tersebut. Maka dari itu, hindari kontak fisik dengan orang lain di tempat umum.

Selain itu, jangan menggunakan benda-benda, terutama peralatan makan yang sama dengan orang lain. Lebih baik Anda menggunakan peralatan milik Anda sendiri dan pastikan Anda membersihkannya dengan benar.

Jaga jarak dengan penderita meningitis
Jika terdapat kerabat atau teman yang terkena meningitis, meskipun Anda ingin atau mungkin ditugaskan untuk merawatnya, Anda sebaiknya tetap berusaha menjaga jarak Anda dengannya. Hal ini karena bakteri meningitis juga terdapat di cairan hidung maupun mulut yang bisa menular ketika penderitanya bersin atau batuk.

Jadi ketika Anda sedang bersama penderita dan ia sedang batuk atau bersin, jaga jarak Anda hingga kurang lebih 1 meter. Tidak hanya penderita meningitis, jika Anda sedang bersin, Anda disarankan untuk menutup mulut Anda dengan menggunakan tangan kemudian cucilah tangan Anda.

Rajin cuci tangan
Sama halnya dengan bakteri penyebab penyakit flu, bakteri penyebab meningitis juga bisa berpindah ke tangan Anda, kemudian ke mulut. Anda bisa mencegah penyakit meningitis dengan sering mencuci tangan Anda, terutama ketika Anda baru saja dari kamar mandi, memegang uang, berada di tempat yang ramai atau baru saja bersin atau batuk.

Cuci tangan Anda menggunakan air hangat dan gunakan sabun. Selain itu, pastikan seluruh bagian mulai depan hingga belakang serta sela-sela jari terbasuh dengan sabun. Cuci tangan Anda hingga kurang lebih 20 detik kemudian bilas dengan bersih dan keringkan dengan handuk yang juga bersih. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer.

Jaga kekebalan tubuh 
Ketika Anda sakit, sistem imun dalam tubuh Anda akan membentuk suatu pertahanan. Namun sebelum Anda terkena suatu penyakit, Anda sebaiknya memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda tersebut sehingga Anda tidak mudah sakit.

Jagalah kekebalan tubuh Anda dengan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan makanan berprotein. Anda juga disarankan untuk melakukan olah raga agar tubuh Anda semakin kebal terhadap bakteri penyebab penyakit. Selain itu, tidurlah yang cukup karena hal tersebut sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap fit.

Periksa ke dokter
Kembali pada konsep bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak ada salahnya jika Anda memeriksakan diri ke dokter. Di sana Anda akan diberi obat antibiotik untuk mencegah berbagai macam penyakit, termasuk meningitis.

Selain itu, dokter akan melacak keadaan tubuh Anda, jika terdapat sesuatu yang dianggap tidak normal, maka penanganan dini bisa segera dilakukan. Jadi, tidak ada ruginya pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Semoga bermanfaat!

sumber: vemale.com

0 Komentar untuk "Cara Mencegah Meningitis"

Download Ebook Gratis