medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Inilah 4 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan


Menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memiliki berat badan ideal.

"Kiat terbaik untuk menurunkan berat badan adalah memahami dan menerima fakta bahwa menurunkan berat badan tidaklah mudah. Agar tubuh membakar banyak lemak, proses yang dilalui tentunya membuat Anda tidak nyaman. Biasakanlah dengan ketidaknyamanan itu, sehingga berat badan Anda akan perlahan turun," ujar Holly Perkins, Duta Promax Protein Bars.


Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan? Perkins memberikan beberapa kiat sederhana dan mudah dimana bisa Anda lakukan sehari-hari disela-sela rutinitas.

1. Konsumsi lebih sayuran. 
Konsumsilah sayuran yang mentah maupun yang sudah melalui proses rebus, kukus atau tumis. Tujuannya, menurut Perkins, adalah untuk menjaga rasa kenyang dalam tubuh Anda dan menyediakan banyak nutrisi bagi tubuh. Konsumsilah sayuran hijau dua atau tiga kali setiap hari untuk menghindari rasa lapar yang bisa kapan saja datang.

2. Minumlah banyak air putih. 
Menurut Erika Kaufman RD LD, seorang ahli nutrisi dari The Houstonian Club, minumlah air putih yang banyak setiap harinya. Tidak hanya baik untuk tubuh Anda, air putih juga penting untuk menurunkan berat badan dan memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh.

"Air tidak memiliki kalori dan membantu Anda tetap kenyang di antara waktu-waktu makan. Air putih juga penting untuk mencerna makanan dan meningkatkan energi sehingga Anda tidak mudah lelah, khususnya di siang hari," ujar Kaufman.

3. Jauhkan diri dari kudapan. 
Lingkungan sangat mempengaruhi kesuksesan Anda dalam menurunkan berat badan. Oleh karena itu, kata Kaufman, Anda juga harus mendisiplinkan diri sendiri. Jauhkan kudapan yang tidak sehat dari meja kerja Anda atau tempat yang mudah Anda jangkau.

"Kudapan yang mudah Anda peroleh akan membuat Anda terus menginginkannya, meskipun Anda sudah menahan diri. Sebaliknya, sediakan kudapan yang sehat untuk Anda makan, seperti wortel kecil, yogurt tanpa lemak atau keju rendah lemak," sebut Kaufman.

4. Perhatikan jenis proses makanan saat berada di luar.
Makan di luar rumah merupakan tantangan bagi Anda. Kaufman menyarankan, pilihlah makanan pada menu yang direbus, dikukus, atau dipanggang daripada makanan yang sudah melewati proses goreng, bakar, atau diasinkan. "Saus pelengkap yang digunakan juga banyak mengandung kalori tinggi. Mintalah saus secara terpisah, sehingga Anda bisa mengontrol seberapa banyak saus yang ada pada makanan Anda. Baiknya, hindari mencampur makanan dengan banyak saus," kata Kaufman.

Sumber : dailymakeover, kompas.com
0 Komentar untuk "Inilah 4 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan"

Download Ebook Gratis