medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Inilah Manfaat Menangis Untuk Kesehatan


Kesehatan dan Medis - Bagi sebagian orang, menangis sering dianggap lemah dan cengeng. Padahal.. dari segi kesehatan, menangis dapat menenangkan pikiran dan mengurangi stres atau beban pikiran yang sedang dialami.

Dilansir dari psychologytoday.com, inilah beberapa manfaat menangis.


Membunuh Bakteri
Di dalam air mata, ada enzim yang disebut lysozyme yang berfungsi membunuh bakteri. Bakteri yang ada pada mata dapat dibersihkan dengan adanya enzim lysozyme. Bahkan, sifat anti bakteri dalam enzim ini lebih baik dibandingkan dengan obat tetes mata buatan.

Melembabkan Mata
Sudah jadi rahasia umum bahwa air mata adalah pelembab alami untuk mata. Dengan menangis, mata akan terhindar dari rasa perih dan kering yang dapat menyebabkan iritasi. Walaupun saat menangis mata akan memerah, tetapi mata lembab.

Perasaan Lega
Benar bahwa menangis tidak menyelesaikan masalah apapun, tetapi dengan menangis, ada beban yang seolah melayang bersamaan dengan jatuhnya air mata. Perasaan lega inilah yang membuat kita lebih bisa berpikir lebih fresh dan menemukan jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

Mengurangi Stres
Menurut ahli air mata, Dr. William Frey dari Ramsey Medical Center, air mata mengandung 98 persen air, dan di dalamnya mengandung hormon stres. Sehingga jika Anda menangis karena sedang mengalami tekanan, maka air mata 'emosi' itu akan membawa hormon stres keluar dari rubuh.

Walau menangis itu menyehatkan, jangan sedikit-sedikit menangis ya, ladies!

sumber: vemale.com
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat Menangis Untuk Kesehatan"

Download Ebook Gratis