medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Inilah Alasan Kenapa Harus Mengunyah Makanan Lebih Lama


Kesehatan dan Medis - Seringkali orang bingung ketika berat badan mereka melonjak dan tidak stabil. Akhirnya mereka mengurangi porsi makan gila-gilaan. Padahal, bisa saja semua itu karena kita kurang sabar mengunyah. Wah, bagaimana bisa?


Sangat bermanfaat apabila kita mengunyah berlama-lama. Mengunyah makanan hingga halus di dalam mulut, bisa membantu pencernaan, mengontrol nafsu makan dan membuat kita jauh dari kekenyangan. Dilansir dari Dailymail, Harbin Medical University di China menyatakan bahwa mengunyah lebih banyak bisa membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Mereka yang mengunyah 40 kali semulut penuh, akan mengonsumsi hanya 12% kalori lebih sedikit daripada mereka yang mengunyah sebanyak 15 kali saja. Seringnya, kita mengunyah sebentar dan segera menelannya. Hal ini membuat lebih banyak porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut ilmuwan, kunyahan yang dianjurkan adalah sekitar 25-50 kali, terutama bila mulut Anda penuh. Mungkin Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk makan, namun Anda akan memiliki investasi kesehatan yang juga cukup lama dengan kebiasaan baik ini.

Nah, mulai sekarang bila Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan berat badan terjaga, mulailah dari hal yang sederhana. Hal tersebut bisa dimulai dari mengunyah lebih lama. Selain baik bagi kesehatan, Anda juga lebih bisa menikmati makanan lebih lama. So, hindari pola makan yang terburu-buru.

sumber: kompas.com
0 Komentar untuk "Inilah Alasan Kenapa Harus Mengunyah Makanan Lebih Lama"

Download Ebook Gratis