medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Mudah Lupa ? Jangan - Jangan Anda : Busy Lifestyle Syndrome


Mudah Lupa ? Jangan - Jangan Anda : Busy Lifestyle Syndrome. Mudah lupa bisa saja diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi otak atau olahraga. Tapi baru-baru sejumlah pakar mengklaim telah menemukan sejenis gangguan ingatan baru yang mempengaruhi orang-orang modern yang sibuk. Gangguan ini disebut dengan Busy Lifestyle Syndrome (BLS).


Menurut keterangan tim peneliti dari CPS Research yang berbasis di Glasgow, Skotlandia, sindrom ini disebabkan oleh kehidupan yang serba hectic atau super sibuk dan dibombardir dengan berbagai informasi dari ponsel, Blackberry, TV, radio dan internet.

Jubir CPS Research, Angela Scott-Henderson pun menimpali ada berbagai gejala yang dapat dikaitkan dengan gangguan ini, termasuk turunnya rentang perhatian (attention span) dan tingkat konsentrasi yang paling sering ditemukan pada generasi muda.

Faktanya terkadang melupakan suatu hal dianggap normal-normal saja. Lagipula sejumlah studi dapat membuktikan bahwa orang sehat pun dapat menderita 30 kali gangguan ingatan seperti 'mengapa saya naik ke atas?' setiap minggunya.

Seorang psikolog dari Finlandia, Dr. Maria Jonsdottir menemukan hal ini setelah menanyai 189 sukarelawan sehat berusia 19-60 tahun untuk merekam setiap gangguan ingatan yang terjadi pada mereka setiap minggunya. Dari situ Jonsdottir menyimpulkan bahwa kondisi semacam ini 'bukan berarti ada yang salah dengan otak orang yang bersangkutan'.

Beberapa gangguan ingatan normal lainnya seperti butuh waktu beberapa menit untuk mengingat-ingat di mana lokasi parkir mobil, lupa menelpon balik ke teman ketika tengah menghadapi anak-anak yang nakal di rumah, setelah meletakkan sesuatu lalu kesulitan menemukannya kembali beberapa waktu kemudian, melupakan sesuatu yang disebutkan seorang teman sehari sebelumnya, melupakan nama seseorang yang baru saja ditemui atau dikenal dan tahu-tahu lupa istilah untuk sesuatu.

Tapi semakin sering orang-orang memanfaatkan ponsel, email dan TV maka semakin banyak hal yang mereka lihat dan semakin besar kecenderungan mereka untuk melupakan berbagai hal.

"Gangguan ingatan normal ini bisa saja terjadi karena memori jangka pendek kita yang sangat mudah teralihkan," terang Dr. Oliver Cockerell, seorang pakar neurologi dan konsultan di The London Clinic seperti dilansir dari indiavision.

"Lagipula otak tahu betul kita tak perlu mengingat aktivitas sepele seperti pergi ke lantai atas untuk mengambil buku selama beberapa jam ke depan sehingga dengan mudahnya otak akan menghapus ingatan itu, terutama untuk memberikan tempat bagi informasi lain yang lebih penting," tambahnya.

Stres, rasa duka yang mendalam dan kurang tidur juga dapat mempengaruhi daya ingat, begitu juga dengan mencoba melakukan berbagai hal sekaligus atau dalam satu waktu.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Mudah Lupa ? Jangan - Jangan Anda : Busy Lifestyle Syndrome"

Download Ebook Gratis