medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Inikah Penyebab Bau Badan


Inikah Penyebab Bau Badan. Bau badan terjadi ketika tubuh berkeringat. Hal ini disebabkan adanya kelenjar keringat dalam pori-pori kulit. Semakin tubuh memproduksi cairan, maka keringat akan semakin banyak.


Keringat berlebih terkadang bisa membuat kegiatan menjadi tidak nyaman. Bau mulut juga membuat kita kurang percaya diri. Tak heran, jika banyak perusahaan menjual deodoran dan wewangian untuk menanggulangi masalah ini.

Selain karena keringat berlebih, dilansir Prevention, berikut beberapa alasan mengapa tubuh seseorang mengeluarkan aroma tak sedap?

Sering konsumsi makanan pedas
Makanan yang terbuat dari bumbu dengan aroma dan rasa yang menyengat, seperti bawang putih, dan rempah-rempah lainnya, tidak hanya dapat menyebabkan bau mulut, tetapi juga bau badan.

Ketika dicerna, makanan ini menghasilkan beberapa bau belerang yang mengandung gas. Sebagian besar produk sampingan dimetabolisme di usus dan hati, tetapi beberapa seperti sulfida metil allyl, diserap ke dalam aliran darah dan dikeluarkan melalui paru-paru dan pori-pori tubuh, yang menyebabkan bau badan.

Stres berat
Tubuh memiliki respon tersendiri terhadap kondisi stres, seperti dengan terus berkeringat meski cuaca sedang tidak terlalu panas. Bahkan hanya dengan duduk saja, telapak tangan dapat berkeringat dan ketiak terasa lengket.

Makan tergesa-gesa
Mengunyah terlalu cepat dan minum melalui sedotan dapat menyebabkan Anda menelan udara terlalu banyak. Sehingga ketika bersendawa, Anda akan melepaskan sebagian dari udara, yang mengandung nitrogen, oksigen, dan karbondioksida yang dapat menyebabkan mulut tidak nyaman dan bau mulut.

Tidur mendengkur
Tidur mendengkur atau mulut terbuka akan menyebabkan mulut kering dan memungkinkan sel-sel mati menumpuk dan membusuk di lidah, gusi, dan rongga mulut. Hal inilah yang menyebabkan napas bau ketika bangun pagi.

Jalani program diet ketat
Menjalani diet ketat dengan memotong asupan karbohidrat dapat membuat tubuh kekurangan bahan bakar energi dan akhirnya membakar lemak. Tetapi pembakaran lemak dapat melepaskan zat yang disebut keton ke dalam aliran darah Anda dan menyebabkan bau badan.

Gosok gigi, tapi lidah tetap kotor
Lidah terdiri dari ribuan proyeksi seperti rambut yang kecil yang disebut papila, yang dapat menjebak potongan-potongan kecil makanan. Jadi jika lidah tidak dibersihkan saat menggosok gigi, potongan-potongan kecil dari makanan dapat tertahan, mengundang bakteri, dan memancarkan uap hidrogen sulfida atau bau mulut.

Ada masalah pada pencernaan
Bau badan, kotoran atau urine adalah masalah umum yang sering dihadapi ketika sistem metabolisme melambat. Sembelit dan masalah lambung dapat meningkatkan bau badan. Ketika kita menderita masalah pencernaan, tubuh akan melepaskan racun yang menyebabkan bau badan tak sedap.

sumber: inilah.com
0 Komentar untuk "Inikah Penyebab Bau Badan"

Download Ebook Gratis