medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Turunkan 8 Persen Risiko Kanker Dengan Multivitamin


Turunkan 8 Persen Risiko Kanker Dengan Multivitamin. Multivitamin sering dianggap sebagai penambah stamina tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Namun, dalam penelitian terbaru disebutkan bahwa multivitamin yang dikonsumsi secara rutin ternyata bukan hanya mensuplai kebutuhan mikronutrisi tubuh tapi juga mampu menurunkan risiko kanker pada pria.


Hasil penelitian tersebut berasal dari studi berskala besar yang dilakukan terhadap para dokter pria yang rutin mengonsumsi multivitamin selama lebih dari satu dekade.

Disebutkan, diketahui suplemen multivitamin akan menurunkan risiko kanker sampai 8 persen. Namun demikian, peneliti menyebutkan bahwa efektivitas tersebut masih tergolong rendah dibanding dengan pola hidup sehat seperti makan teratur, tidak merokok, dan olahraga rutin. Menurut peneliti, dampak positif multivitamin juga hanya ditemukan pada pria dewasa dibanding dengan wanita atau orang muda.

Dr.Ernest Hawk, wakil kepala pusat pencegahan kanker dari Universitas Texas, AS, menyebutkan, “Manfaat multivitamin termasuk ringan dan personal sehingga belum signifikan dan bisa direkomendasikan pada kalangan umum.”  Penelitian yang dilakukan Dr.J.Michael Gaziano, melibatkan 15.000 dokter pria berusia di atas 50 tahun dan tidak menderita kanker ketika penelitian di mulai. Seluruh partisipan secara acak diberikan paket multivitamin atau suplemen tanpa zat aktif dalam kurun waktu sebulan. Setelah masa studi selama 11 tahun, peneliti melihat adanya penurunan risiko kanker bahkan hingga 8 persen pada kelompok yang mendapatkan multivitamin.

Peneliti memaparkan, alasan utama mengapa kita perlu suplemen multivitamin adalah untuk mencegah defisiensi, tetapi ternyata ada sedikit keuntungan pencegahan kanker pada pria berusia lanjut.

Seperti diketahui, beberapa jenis vitamin seperti vitamin K bisa menganggu kerja obat penyakit jantung dan pengencer darah. Sedangkan vitamin C dan E bisa mengurangi efektivitas beberapa jenis kemoterapi. Menurut peneliti, pasien yang akan dioperasi juga tidak disarankan mengonsumsi suplemem vitamin karena bisa mengurangi respon obat bius dan meningkatkan risiko perdarahan.

Meskipun demikian, para ahli mengingatkan perlunya penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi studi terebut. Tapi jika Anda terbiasa mengasup suplemen vitamin, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Turunkan 8 Persen Risiko Kanker Dengan Multivitamin"

Download Ebook Gratis