medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Perbesar Otot Pakai Steroid? Inilah 4 Risikonya


Perbesar Otot Pakai Steroid? Inilah 4 Risikonya. Demi mendapatkan tubuh berotot bak binaragawan, tidak sedikit pria yang menempuh jalan pintas dengan mengonsumsi steroid. Tapi untuk mendapatkan semua itu, 'harga' efek samping yang harus dibayar sangatlah besar.


Steroid adalah hormon yang berasal dari kelenjar adrenal. Ada banyak jenis dan penggunaan steroid, salah satunya bagi pria yang ingin membentuk perut six pack. Untuk membangun massa tubuh, steroid memang salah satu cara yang paling sering dipilih, karena steroid membantu meningkatkan pertumbuhan otot tanpa harus bekerja keras di gym.

Tapi jalan pintas bukan berarti tanpa risiko. Ada beberapa efek samping berbahaya bagi orang yang menggunakan steroid, seperti dilansir boldsky :

1. Impotensi
Pria yang menggunakan steroid dalam jumlah yang berlebihan dapat menderita impotensi dalam jangka panjang. Penggunaan steroid dapat menyebabkan menyusutnya testis, penurunan jumlah sperma dan kurangnya ereksi. Steroid dapat menurunkan jumlah testosteron (hormon pria) dan penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kemandulan pada pria.

2. Masalah kardiovaskular
Menurut dokter, asupan steroid yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan lainnya. Steroid anabolik khususnya memiliki banyak efek samping pada tubuh.

Steroid menurunkan tingkat kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat (LDL) mempromosikan penyakit jantung kronis dan lainnya.

Jika Anda mengambil steroid anabolik berlebihan, ventrikel kiri akan menebal dan membengkak. Hal ini dapat menyebabkan aritmia jantung atau gagal jantung. Dalam kasus yang lebih buruk, bisa menyebabkan kematian.

3. Kebotakan
Banyak pria mengeluh kebotakan atau rambut rontok saat mengonsumsi steroid. Salah satu efek samping yang paling umum dari steroid adalah menyebabkan rambut rontok pada pria. Hal ini disebabkan karena pembesaran kelenjar sebaceous dan penurunan sekresi alami testosteron. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan rambut rontok, jerawat, alergi kulit, dan lainnya.

4. Dewasa sebelum waktunya
Banyak anak muda yang menggunakan steroid agar terlihat lebih dewasa dan memiliki tubuh berotot seperti aktor. Akibatnya terjadi pendewasaan sebelum waktunya. Pertumbuhan vertikal, pendewasaan dini, kematangan seksual dan perubahan perilaku biasanya diamati setelah minum obat ini.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Perbesar Otot Pakai Steroid? Inilah 4 Risikonya"

Download Ebook Gratis