medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Awas, 5 Penyakit Bahaya Ini Mengintai di Usia Muda


Awas, 5 Penyakit Bahaya Ini Mengintai di Usia Muda. Penyakit tidak mengenal usia. Dan kini, banyak jenis penyakit yang mengincar kaum muda. Gaya hidup yang kurang sehat, kurang olahraga, dan banyak pikiran bisa membuat penyakit mudah menempel di usia muda.


"Ketika kita muda, kita selalu berpikir orang muda tak akan terkalahkan," kata Executive Director of the American Public Health Association, George Benjamin dalam MSN. Kata-kata ini nampaknya patut diperhatikan, karena penyakit yang umumnya mendera orang usia 50 tahun ke atas, sudah mulai mengincar usia belasan.

1. Diabetes Tipe 2
Diagnosis awal : Usia 40-an atau 50-an
Saat ini : Sejak kecil

Bagaimana mungkin, diabetes usia 40-an bisa beralih menyerang anak-anak? Menurut Director of the MedStar Diabetes Institute, Michelle f. Magee, hal ini disebabkan karena faktor gaya hidup yang tak sehat, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, hingga menyebabkan kelebihan berat badan.

2. Melanoma
Diagnosis awal : Usia 50-an atau lebih
Saat ini : Remaja dan anak usia belasan tahun.

Melanoma adalah sejenis kanker kulit serius. Menurut Journal Cancer Epidemiolgy, peluang tiga kali lebih besar terkena melanoma saat Anda melakukan tanning bed. Tak hanya itu, paparan sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti ini. Oleh karena itu, gunakan pelembab atau sunblock dengan SPF 15 atau SPF 30. Pencegahan dari dalam juga harus kuat, seperti dengan mengonsumsi vitamin D.

3. Stroke
Diagnosis awal : Usai lebih dari 65 tahun
Saat ini : Usia 20-an atau 30-an

Pola hidup tak sehat, dengan mudah mematahkan kesehatan Anda. Kebiasaan merokok, membuka dua kali peluang lebih besar terkena ancaman stroke. Faktor lain yang mempengaruhi lainnya adalah tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi. Namun risikonya dapat dikurangi dengan mengatur asupan lemak dan garam, makan ikan seminggu dua kali, dan perbanyak latihan.

4. Kanker payudara
Diagnosis awal : Dibawah usia 45 tahun
Saat ini : Remaja

Penyakit sillent killer ini, dipengaruhi oleh faktor keturunan. Akan tetapi dapat pula disebabkan karena faktor gaya hidup tak sehat, seperti kebiasaan merokok, dan lainnya.

5. Pikun
Diagnosis awal : Lebih dari usia 65 tahun
Saat ini : Usia 40-an

Kepikunan atau bahasa medis disebut dengan Alzheimer merupakan penyakit karena minimnya respon otak pada manusia. Umumnya ditandai dengan gangguan daya ingat dan sulit melakukan kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, Anda dapat menangkalnya dengan mengonsumsi vitamin D dan berolahraga dengan teratur.

sumber: VIVAlife
0 Komentar untuk "Awas, 5 Penyakit Bahaya Ini Mengintai di Usia Muda"

Download Ebook Gratis