medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Banyak Minum Es Teh Sebabkan Batu Ginjal


Karena harganya murah meriah, es teh banyak disukai di mana-mana sebagai pelepas dahaga saat cuaca sedang panas-panasnya. Namun sebaiknya jangan berlebihan, sebab kandungan oksalat di dalamnya dapat memicu pembentukan batu ginjal.


Berbagai penelitian menunjukkan, es teh mengandung oksalat dalam jumlah yang lumayan tinggi. Oksalat sendiri merupakan sejenis senyawa yang jika berlebihan dapat memicu terbentuknya endapan kristal di ginjal maupun di sepanjang saluran kencing.

"Bagi orang yang punya kecenderungan mengalami batu ginjal, es teh merupakan minuman terburuk untuk dikonsumsi," kata Dr John Milner, seorang peneliti sekaligus ahli urologi dari Loyola University seperti dikutip dari Healthday.

Penyebab utama dari terbentuknya batu ginjal adalah kurang minum, yang membuat mineral-mineral dalam air kencing mengendap di ureter atau saluran kencing. Kalau ukurannya kecil, batu ginjal bisa keluar dengan sendirinya sedangkan jika ukurannya besar bisa memicu penyumbatan.

Menjaga kecukupan cairan dengan banyak mnum air putih, menurut Dr Milner merupakan cara terbaik untuk mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal. Alternatifnya, minum lemonade yang banyak mengandung sitrat juga bisa menghambat terbentuknya batu ginjal.

Dr Milner juga mengatakan bahwa beberapa bahan makanan punya kandungan oksalat yang tinggi, sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan tanpa diimbangi minum air putih. Contohnya adalah bayam, cokelat, rhubarb dan berbagai jenis kacang-kacangan.

Selain itu, orang-orang yang punya riwayat batu ginjal juga disarankan untuk mengurangi konsumsi garam serta daging-dagingan. Tidak harus dihindari sama sekali, sebab bisa diimbangi dengan konsumsi kalsium yang akan menghambat penyerapan oksalat di dalam tubuh.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Banyak Minum Es Teh Sebabkan Batu Ginjal"

Download Ebook Gratis