medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Waspadai Gejala Kanker Tulang Pada Pria


Menurut berbagai penelitian, kanker tulang lebih umum terjadi pada pria dibandingkan wanita. Hal yang mendasarinya belum jelas, tetapi Anda perlu mengetahui gejala-gejalanya.


Kebanyakan orang akan mengabaikan masalah yang terjadi pada tulangnya. Padahal, jika kanker tulang mencapai tahap di mana tidak dapat diobati lagi, akan berbahaya dan mengakibatkan kematian.

Berikut beberapa gejala kanker tulang pada pria, seperti dilansir dari onlymyhealth, yaitu:

1. Nyeri
Nyeri merupakan gejala yang paling umum pada semua jenis kanker tulang pada pria, baik itu kanker primer maupun sekunder. Hal ini dikarenakan sel-sel kanker memberikan tekanan pada saraf dan jaringan dalam tulang.

Tulang yang sering terkena kanker adalah pada bagian kaki, tulang belakang, tulang rusuk, dan daerah pinggul. Rasa sakit biasanya dialami pada malam hari atau ketika melakukan aktivitas tertentu.

Nyeri juga bisa dirasakan dalam bentuk sakit punggung, karena tekanan tersebut menekan saraf di sekitar saraf tulang belakang. Jika Anda mengalami sakit punggung yang terus-menerus, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Jika kondisi tersebut terlambat didiagnosa dan dirawat oleh dokter, kemungkinan akan lebih parah dan menyebabkan kelumpuhan yang artinya terjadi kerusakan total pada sistem kerangka tubuh.

2. Muncul benjolan dan pembengkakan pada tulang
Bengkak di sekitar daerah yang terkena kanker juga merupakan gejala yang sangat umum dari kanker tulang. Pembengkakan juga dapat terjadi ketika Anda membentur sesuatu yang keras, tetapi bengkak tersebut tidak akan hilang meski telah diobati.

Jika muncul benjolan dan tidak menghilang selama berminggu-minggu, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

3. Kehilangan berat badan dan nafsu makan
Gejala kanker tulang juga dapat ditunjukkan oleh berkurangnya nafsu makan dan turunnya berat badan secara drastis. Bahkan ketika Anda berkeinginan untuk meningkatkan nafsu makan, Anda mungkin tidak bisa makan banyak. Hal ini mengarah kepada kehilangan berat badan dan kelelahan.

4. Melemahnya tulang
Sel-sel kanker secara efektif melemahkan jaringan tulang dan saraf pada bagian yang diserang kanker. Jadi, ketika Anda tsedang melakukan aktivitas yang cukup berat, Anda akan merasa tulang Anda terlalu lemah untuk bergerak.

Ketegangan pada tulang jauh lebih besar dari biasanya dan memaksa Anda untuk beristirahat selama beberapa waktu sebelum kembali menggerakkan bagian tulang tersebut. Melemahnya saraf di tulang bisa sangat traumatis dan berbahaya.

5. Demam, mual dan muntah
Gejala ini sifatnya kurang umum pada penderita kanker tulang, tetapi perlu diwaspadai karena pada beberapa orang juga menunjukkan tanda-tanda tersebut. Tingkat kalsium dalam darah yang meningkat dapat menyebabkan demam, mual dan muntah.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Waspadai Gejala Kanker Tulang Pada Pria"

Download Ebook Gratis