medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Inilah 6 Cara Menjauhi Penyakit di Meja Kerja


Berjam-jam duduk di meja kerja bukanlah rutinitas yang sehat, karena aktivitas fisiknya sangat terbatas. Untungnya ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyiasati ancaman penyakit akibat terlalu lama bekerja di meja kantor.


Cara-cara menghindari penyakit saat harus berjam-jam berada di kantor adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Thenextweb.

1. Minum air putih yang cukup
Air putih tidak hanya penting untuk mencegah dehidrasi, tetapi juga bersifat antitoksin karena bisa meluruhkan racun-racun melalui ginjal. Bagi yang sedang berpuasa, minum air putih yang cukup pada waktu sahur tetap akan sangat bermanfaat.

2. Jalan-jalan sesering mungkin
Banyaknya tugas yang harus diselesaikan jangan dijadikan alasan untuk berlama-lama duduk di depan komputer. Tubuh manusia hanya didesain untuk diam dalam satu posisi selama 20 menit, lalu harus berdiri dan jalan-jalan jika tidak ingin mengalami sakit punggung dan otot.

3. Pilih kursi yang paling nyaman
Posisi duduk yang ideal adalah yang membuat mata sejajar dengan layar monitor, sementara kaki berada sedikit lebih rendah dari pinggul agar punggung tidak membungkuk. Memilih kursi yang tepat bukan cuma menghindari sakit otot, tetapi juga bisa meningkatkan konsentrasi dan priduktivitas.

4. Kalau bosan duduk berdiri saja
Jangan ragu-ragu untuk segera berdiri ketika mulai merasa bosan duduk, sebab kelamaan duduk bisa meningkatkan tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Namun jangan terus-terusan berdiri juga, karena bisa menyebabkan varises maupun pembengkakan akibat cairan yang menumpuk di kaki.

5. Bersihkan mouse dan keyboard secara berkala
Penelitian membuktikan, mouse dan keyboard kadang jauh lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Jika tidak ingin sakit karena menghirup kuman-kuman yang menempel di sana, sebaiknya bersihkan benda-benda yang paling sering disentuh ini secara berkala.

6. Perlu rapi tapi jangan berlebihan
Meja kerja yang rapi memang lebih nyaman, namun terobsesi dengan kerapian malah bisa bikin stres karena sedikit-sedikit pasti ingin membereskannya. Sesekali biarkan agak berantakan, sebab menurut penelitian meja kerja yang sedikit berantakan justru membuat otak lebih kreatif.

sumber: detik.com
0 Komentar untuk "Inilah 6 Cara Menjauhi Penyakit di Meja Kerja"

Download Ebook Gratis