medis.web.id

Info Medis dan Kesehatan


Apa saja yang harus tersedia di kotak P3K?


BAGI Anda yang sering bepergian, pastikan kotak ajaib yang satu ini selalu menjadi teman. Kotak yang sering disebut dengan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) ini memang sering dikatakan sebagai penyelamat ketika sesuatu hal terjadi secara tiba-tiba, kecelakaan ringan salah satunya. Lalu bagaimana langkah untuk menyiapkan si kotak yang satu ini?


1. Kantong atau tas P3K ini sudah banyak terdapat di apotek. Pilihlah kotak atau tas dengan ukuran sesuai dan memiliki bobot yang ringan.

2. Tidak hanya sekadar bentuk maupun ukuran, tas atau kotak untuk P3K lebih baik yang berbahan tahan air. Sehingga aman jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terkena air atau bahkan kehujanan.

3. Pastikan kotak P3K memenuhi perlengkapan medis dasar. Seperti pembersih antiseptik, alkohol, rivanol, plester penutup luka, semprotan atau lotion anestesi, kain kasa, perban, obat luka. Jangan lupa juga untuk menyertakan gunting dan pinset di dalamnya.

4. Bawalah serta obat-obatan khusus yang dibutuhkan keluarga. Hal ini sebagai antisipasi jika salah seorang anggota keluarga mengalami jenis penyakit yang sewaktu-waktu bisa kambuh.

5. Ada baiknya untuk memisahkan perlengkapan. Pisahkan peralatan medis dengan obat-obat tablet dan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dan mempercepat Anda dalam proses pencarian.

6. Tidak ada salahnya untuk meletakkan nomor kontak rumah sakit atau dokter pribadi.

7. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa secara rutin.

sumber: mediaindonesia.com
0 Komentar untuk "Apa saja yang harus tersedia di kotak P3K?"

Download Ebook Gratis